Tempat Berbagi Penggalan Cerita Kehidupan

Kehidupan di luar Bumi



وَمِنۡ ءَايَـٰتِهِۦ خَلۡقُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَمَا بَثَّ فِيهِمَا مِن دَآبَّةٍ۬‌ۚ وَهُوَ عَلَىٰ جَمۡعِهِمۡ إِذَا يَشَآءُ قَدِيرٌ۬ 

-- "Dan di antara ayat-ayat [tanda-tanda kekuasaan]-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya."
(QS.42 Ash-Shura :29)

ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ سَبۡعَ سَمَـٰوَٲتٍ۬ وَمِنَ ٱلۡأَرۡضِ مِثۡلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ ٱلۡأَمۡرُ بَيۡنَہُنَّ لِتَعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدِيرٌ۬ وَأَنَّ ٱللَّهَ قَدۡ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عِلۡمَۢا

-- "Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu."
(QS.65 At-Talaq :12)

Untuk pertama kalinya, astronom menggunakan NASA teleskop ruang angkasa 
Kepler telah mengkonfirmasi planet kira-kira seukuran Bumi yang mengorbit sebuah bintang mirip matahari di zona yang disebut "Goldilocks" dimana air dapat eksis dalam bentuk cair di permukaan dan kondisi mungkin menguntungkan bagi kehidupan seperti yang dikenal di Earth.

Along dengan planet ekstra-solar dikonfirmasi, salah satu dari 28 ditemukan sejauh ini oleh Kepler, peneliti hari ini juga mengumumkan penemuan 1.094 kandidat planet ekstrasurya baru, mendorong total pesawat ruang angkasa sejauh 2.326, termasuk 10 kandidat seukuran Bumi yang mengorbit dunia di zona layak huni dari pengamatan.

Mereka diperlukan untuk mengetahui apakah calon ini, pada kenyataannya, dunia yang sebenarnya. Tapi astronom mengatakan planet yang dikenal sebagai Kepler-22b, mengorbit sebuah bintang sekitar 600 tahun cahaya dari Bumi, adalah hal yang nyata.

"Hari ini saya memiliki hak istimewa untuk mengumumkan penemuan planet pertama Kepler di zona habitasi bintang seperti matahari, Kepler-22b," kata Bill Borucki, Penyelidik utama Kepler di NASA Ames Research Center, wartawan. 

"Ini 2,4 kali ukuran Bumi, itu dalam periode orbit (atau tahun) dari 290 hari, sedikit lebih pendek dari Bumi, itu sedikit lebih dekat ke bintangnya dibandingkan dengan Bumi adalah matahari, 15 persen lebih dekat. "Tapi bintang adalah dimmer sedikit, itu sedikit lebih rendah suhu, sedikit lebih kecil. Itu berarti bahwa planet, Kepler-22b, memiliki suhu yang agak mirip dengan Bumi ... 

Jika pemanasan rumah kaca adalah serupa di planet ini, suhu permukaannya akan menjadi sesuatu seperti 72 Fahrenheit, suhu yang sangat menyenangkan di sini di Bumi.

"Ini. belum diketahui apakah Kepler-22b didominasi berbatu, cair, atau gas dalam komposisi, namun temuan menegaskan untuk pertama kalinya harapan lama dipegang bahwa Bumi-ukuran planet lakukan, pada kenyataannya matahari orbit, lainnya di zona layak huni dari bintang tsb. Pada gilirannya, sangat meningkatkan peluang untuk adanya kehidupan, seperti yang biasa didefinisikan, di luar tata surya Bumi. "

Saya pikir ada dua hal yang benar-benar menarik tentang Kepler-22b," kata Natalie Batalha , tim sains wakil memimpin di Ames. 
"Salah satunya adalah bahwa itu adalah tepat di tengah-tengah zona layak huni ini." 

Hal kedua yang benar-benar menarik adalah itu mengorbit sebuah bintang yang sangat, sangat mirip dengan matahari kita sendiri. 

Ini adalah analog surya, hampir kembar surya, sangat mirip dengan matahari kita sendiri dan Anda punya sebuah planet 2,4 kali ukuran Bumi tepat menampar di zona layak huni.

"Dilengkapi dengan kamera digital 95 megapiksel., Kepler adalah diluncurkan dari Cape Canaveral pada tanggal 6 Maret 2009. Kamera ini ditujukan untuk sepetak langit di Cygnus konstelasi itulah ukuran mengulurkan tangan yang berisi lebih dari 4,5 juta bintang terdeteksi. 

Dari jumlah itu, sekitar 300.000 diyakini usia yang tepat, memiliki komposisi yang tepat dan tepat kecerahan menjadi tuan rumah planet mirip Bumi. Lebih dari 156.000 dari mereka, mulai dari 600 sampai 3.000 tahun cahaya jauhnya, akan secara aktif dimonitor oleh Kepler selama masa misi."

Untuk menemukan kandidat planet, kamera pesawat ruang angkasa memantau kecerahan bintang target dalam bidang luas instrumen pandang, pada mencari perubahan halus yang mungkin menunjukkan lewat dunia antara bintang dan teleskop. 

Dengan mempelajari sedikit peredupan-sebanding dengan menonton merayap lampu mobil di malam hari-dan oleh siklus waktu berulang, komputer dapat mengidentifikasi potensi ekstra-surya dunia meskipun planet itu sendiri tidak dapat dilihat.

Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat taufik dari Allah untuk mengamalkannya agar kita mendapatkan kebaikan dan keberkahan nya.
Dan semoga Allah SWT selalu bersama kita semua, Seiring RAHMAH, HIDAYAH DAN RIZQI
Salam Silaturrahim Dan Ukhuwah Fillah,

Kehidupan di luar Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muammar Qaadfi

0 komentar:

Posting Komentar